Rabu

Opera TV Store: Cara Baru Menjelajah Smart TV



Perkembangan teknologi TV semakin tidak bisa dipisahkan dengan Internet. Beberapa tahun terakhir, produsen TV marak mem­produksi Smart TV, perangkat yang sudah siap terkoneksi dengan Internet lengkap dengan aplikasinya. Hal ini pun mengubah cara pengguna menikmati si kotak ajaib.

"Di negara-negara maju dengan konek­si Internet broadband kecepatan tinggi, tren menggunakan TV sebagai perangkat pengakses Internet semakin marak,'1 tutur Brian S. Bae, Vice President/Regional Di- rector South East Asia, Opera Software, ketika berkunjung ke kantor CHIP, la me­nambahkan, 

Smart TV juga mengakomo­dasi kebutuhan pengguna untuk berin­teraksi bersama teman atau anggota kelu­arga dengan berbagai game dan aplikasi. Inilah yang mendorong Opera Software un­tuk ikut terjun ke ranah App Store di TV.

Awal tahun ini, Opera memperkenalkan versi terbaru dari Opera TV Store-nya di ajang Consumer Electronics Show [CES] 2013, di Las Vegas, Amerika Serikat. Opera TV Store versi terbaru ini menghadirkan beberapa pembaruan, di antaranya toko aplikasi ini kini berbasis cloud dengan pe­ngalaman baru, feature baru dan aplikasi baru bagi penggunanya.

Bae menjelaskan, perubahan yang pa­ling signifikan ada pada tampilan interface yang lebih steefcdan rapi sehingga Opera TV Store versi baru ini lebih halus, lebih bergaya, dan mudah dinavigasi. 

Interface baru ini menawarkan pengalaman navigasi yang menyenangkan dan lebih mudah di­gunakan oleh para pengguna. "Mengontrol aplikasi maupun mengakses berbagai me­nu dengan remote control TV jadi semakin mudah,' kata Bae.

Opera TV Store adalah framework apli­kasi berbasis HTML5yang dibangun di da­lam mesin browsing Opera dan ditanam di hardware, dalam hal ini TV, set top box, atau Blu-ray player. Di Indonesia, Opera TV Store bisa didapatkan di Sony Bravia TV dan pemutar Blu-ray Disc Sony.

Aplikasi yang sudah tersedia di Opera TV Store berjumlah sekitar 140 aplikasi dan terus bertambah. 'Opera mendorong para pengembang software, termasuk pengembang software di Indonesia untuk membuat aplikasi di Opera TV Store kare­na kontennya akan disebarluaskan dan di­akses pengguna di seluruh dunia,'' jelas Bae. Bagi pengembang yang berminat un­tuk mengembangkan aplikasi di Opera TV Store, kunjungi http://dev.opera.com/lv/ untuk menemukan perangkat secara on­line, tuntunan dan forum. 

Popular Posts